Daisypath Anniversary tickers

May 24, 2007

Pancasila??

Barusan baca sebuah buletin di FS, antara lain ada petikan ini:
...
6.Mnurut Lo, SEKOLAH paling perfect
adalah ?
yang ga ada pelajaran Pancasila ma Bhs
Indonesia nya...yg stuju angkat tangan.
...

Langsung inget, 2 hari lalu sempet ngobrol ringan di kelas *TC.
...
Faculty: "Kalian da brapa lama sih, menuntut ilmu di *TC?"
StudentA: "Hampir 1 tahun, Maam!"
Faculty: "Gimana, kesanmu? Seneng ga? Puas ga? Nyesel ga?"
StudentB: "Nyesel sih ngga, tp lumayan keteteran aja."
Faculty: "Knapa keteteran? Males belajar ya?"
StudentB: "Bukan, Maam! Kuliahnya berat!"
StudentA: "Iya, Maam! Bener! Kl temen2 di kampus lain tuh ya.. Semester awal diajarin MK dasar: Bhs Indonesia, Kewargagaraan, Matematika/ Kalkulas.. Lah di sini? Tiba2 udah aneh2 MK-nya."
...

Hmm.. emang susah jadi mahasiswa! ;)

3 comments:

why said...

Kalo aku setuju kuliah kyk Pancasila n Bhs Indo cukup sampe SMU aja, kecuali kalo emang kuliahnya yg perlu mendalami 2 subject itu, abis... dari dulu 5 sila mulu gak nambah2, itu juga mending kalo setelah belajar Pancasila trus mhs jadi lebih bermoral, kalo tetep ga ada perkembangan sih lebih baik jangan deh, nambah2 SKS aja ...

rheef said...

kl aku...bahkan pas masa sekolah (SD - SMA) aja, jumlah waktu pelaksaan kedua mata pelajaran itu aja udah kelewat banyak, masa 2 & 3 kali seminggu..satu aja kayaknya udah cukup, karena setauku, di amrik aja mata pelajaran bhs inggris aja cm 1pertemuan seminggu..

Bhs. Indo : yg ini kayaknya ga perlu be ge te deh...soalnya, udah 'kelakuan' sehari-hari.

Pancasila : idem, ga akan merubah moral manusia, lah yg diajarinnya aja UUD '45 ma definisi / kepanjangan GBHN, kalo ga ngapalin pasal2 yg ga jelas, ga ada nyentuh moralnya sama sekali...

Anonymous said...

Menurutku, pendidikan dianggap berhasil bukan sekedar kl tiap peserta didik sudah memperoleh nilai masing-masing melainkan juga kl obyek pengajaran sudah bisa menerapkan ilmu yang diperolehnya dari kegiatan belajar-mengajar dalam hidup sehari-hari. [sebenernya musti bawa2 kualitas, tp kita tinggalkan sementara]

MK pemrograman -> dianggap berhasil kl tiap mhs dah bisa mrogram [dengan baik, efektif, efisien, bla.. bla..]

MK bhs Indonesia -> dianggap berhasil kalau setiap mahasiswa sudah menerapkan [atau minimal dapat membedakan] penggunaan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ini juga berarti tidak ada lagi kesalahan diksi, tata tulis berantakan, salah ketik laporan dalam bahasa Indonesia, dan pemerkosaan bahasa dalam bentuk apapun.

MK Pancasila -> dianggap berhasil ga hanya kl tiap mhs udah apal bunyi2an [Pancasila, UUD 45, GBHN, UU, Keppres, KepMen, Perda, dll] tapi juga tau pentingnya pelaksanaan dan penerapan segala macam aturan dan rambu2 dlm kehidupan sehari-hari. Kalau lampu merah masih dilanggar, tidur nyenyak di bis n nyuekin ibu2 hamil, tiap ada Keppres pasti di-demo, ga bisa musyawarah malah sering berantem, ga mau ikut Pemilu tapi demo pas pemimpin da kepilih, dst.. pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan gagal tuh!

Kl kondisinya gt [belum berhasil], justru tampaknya pelajaran/ MK2 tsb perlu diadakan tiap semester!! *nah lho..*
Kl yg jd masalah adalah konten yg ga ngefek, soq atuh Kang, usulin silabus yg efektif biar tiap MK tsb berhasil mencapai tujuan masing2.
Kl yg salah tuh hasil akhirnya [lulusan teteup ga tersentuh moralnya, ga bisa berbahasa Indonesia dgn baik n bener], jgn sistemnya dong yg dihapus.. Liat lagi apa yg salah: proses-nya kah, prosedur-nya kah, content-nya kah, delivery-nya kah, atau inputannya??

Hwehehehehe.. CMIIW.