Daisypath Anniversary tickers

Mar 6, 2008

SPPK Daerah Target Pemasaran dengan Metode SMARTER dan ORESTE

Judul lengkapnya sih:
Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Daerah Target Pemasaran dengan Metode SMARTER dan ORESTE Berbasis Web (Studi Kasus : PT. Agra Guratama Raya Indonesia)

Tugas Akhir (TA) atas nama Siwi A. dengan pembimbing Pak Mahmud dan saya ini mengangkat kasus di sebuah perusahaan produksi mebel yang membutuhkan SPPK untuk penentuan target pemasarannya.

PT. AGRI yang bertempat di Jepara, Jawa Tengah ini telah menetapkan empat wilayah geografis yang menjadi target pemasaran yaitu :
- lokal (dalam kota Jepara),
- luar kota (kota-kota dalam wilayah Jawa Tengah),
- regional (kota-kota dalam lingkup negara Indonesia) dan
- internasional (ekspor)

Dari keempat wilayah geografis tersebut yang saat ini sering dibidik oleh PT.AGRI adalah pasar lokal dan luar kota. Sebelum SPPK ini dibuat, manajer pemasaran PT. AGRI harus berkutat dengan data yang cukup banyak setiap bulan untuk menentukan daerah target pemasaran perusahaan. Maka, hasil akhir TA ini sangat bermanfaat dan meringankan pekerjaan pihak2 terkait dalam pengambilan keputusan.

Mengenai metode yang diambil, SMARTER (Simple Multi-Attribute Rating Technique Exploiting Ranks) merupakan modifikasi dari metode SMART (Simple Multi-Attribute Rating Technique) yang diusulkan oleh Edwards dan Baron (1994), dimana kedua metode ini digunakan untuk menentukan bobot dari setiap kriteria dalam suatu pengambilan keputusan. Sedangkan Oreste merupakan metode yang dibangun sesuai untuk kondisi dimana sekumpulan alternatif akan diurutkan berdasarkan kriteria sesuai dengan tingkat kepentingannya.
Gabungan SMARTER dan Oreste memungkinkan bobot ditentukan oleh metode SMARTER, yang kemudian akan menjadi inputan bagi Oreste dalam menentukan urutan alternatif terbaik.

4 comments:

Anonymous said...

selamat siang

maaf saya mau bertanya , apakah metode smarter dan oreste termasuk dalam bidang kalkulus ?
dimana bisa mendapatkan bahan tentang metode tersebut ?
saya lagi membutuhkannya untuk keperluan TA saya . terima kasih atas bantuannya

Unknown said...

ada contoh kasus pengerjaan metode smarter dan oreste ? bagi dikatat belajarnya dong.. kirim email aja mbak : ifir.if@gmail.com

makasih atas bantuannya :)

Unknown said...

saya juga mau jika ada contoh kasus perhitungan manual metode smarter oreste, kirim ke email ya jika berkenan azzaamira95@gmail.com

Unknown said...

Mohon maaf mas.
Bolehkah saya minta contoh perhitungan metode smarter, misal seperti perhitungan di excelnya.
Bila berkenan kirim ke email saya suhadirohani94@gmail.com
Terima kasih