Daisypath Anniversary tickers

Oct 25, 2007

CMS

Akhir-akhir ini saya sedang keranjingan belajar Content Management System itulah kepanjangan dari judul blog ini. Emang apaan tuh CMS?

CMS itu sebenarnya sebuah sistem yang digunakan dalam dunia web development. Dengan adanya sistem ini, kita tidak perlu susah-susah membuat aplikasi berbasis web yang bener-bener dari nol karena semuanya sudah disediakan oleh sistem ini mulai dari halaman login, pengaturan tampilan, updating content termasuk koneksi database-nya semua sudah ada dan kita tinggal instal trus pakai, done! Yang penting kita punya web server plus database. Bikin web server pun juga gampang, kalau pakai PHP tinggal install PHP Triad udah beres, disitu juga sudah termasuk database MySQL, semuanya gratis lagi!

CMS yang gratisan banyak apalagi yang berbasis PHP, berikut jenis-jenis CMS yang saya tahu sampai saat ini :
1. phpBB - ini CMS untuk bikin web forum
2. Joomla - ini CMS untuk bikin web biasa yang berisi news, dll
3. e107 - ini CMS untuk bikin web biasa dan sudah termasuk didalamnya ada forum, webchat, gallery, dll.
4. Limbo (Light Mambo) - belum nyobain
dan lain-lain, baru segini yang saya tahu.

Namanya juga produk sistem, jadi CMS ini masih standar alias sangat perlu di-customize lagi, masa iya tampilan web-nya sama ama orang lain yang pake CMS juga.
Nah kalo udah ngomongin customize ini perlu pengetahuan tentang web developing, yah paling basic HTML, lebih advance lagi Javascript trus PHP ato ASP tergantung CMS-nya berkiblat kemana PHP ato ASP.

Tapi hati-hati kalau menggunakan CMS ini, dari beberapa artikel dan pengalaman temen saya si tomfreakz katanya CMS itu rentan di keamanannya, kalo nggak di-customize alias masih default semua bisa-bisa kena serangan hacker, seperti forum di kantor saya juga pernah kena.

Mungkin kedepannya, orang awam bisa langsung membangun website tanpa harus belajar web developing... *mungkin*

No comments: