Daisypath Anniversary tickers

Aug 7, 2008

Baptis Deva

Hari Minggu lalu kami (aku dan m'Gun) ke Katedral jadi 'saksi' Deva menerima sakramen Baptis. Apaan sih baptis?

Baptis, atau sakramen permandian, merupakan sakramen pertama yang diterima oleh anggota Gereja Katolik. Sakramen ini dilambangkan dengan percikan air, yang melambangkan pembersihan dosa seseorang. Dengan dibaptis, seseorang secara resmi telah menjadi anggota Gereja Katolik.

Gereja Katolik mengenal pembaptisan anak/ bayi karena kami meyakini bahwa Yesus menghendaki anak-anak datang kepada-Nya.

... "Biarlah anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya." [Markus 10:14-15]


Jadilah.. paginya kami misa di gereja Buah Batu, trus makan siang dini ke bakso AsAf, siangnya ke Katedral dan bergabung dengan Deva, om Alit dan tante Ita. Deva masih tidur di pangkuan tante, dan kami berlima duduk-duduk di depan gereja sambil menunggu misa siang berakhir.

Upacara Baptis Bayi kali itu diikuti oleh sepuluh bayi dan anak. Di barisan depan duduk anak-anak dan orang tua baptisan, di baris belakangnya duduk ibu dan bapak pemandian masing-masing, kemudian barulah baris-baris berikutnya diisi hadirin lainnya. Sepanjang acara, Deva yang memang mulai penasaran dengan berbagai hal di sekitarnya, sibuk memperhatikan lampu, altar, buku panduan doa, kursi, tisu, dan apapun yang tampak di hadapannya. Beberapa tingkah lucu juga dilakukannya:
- pas dikucuri air, tangannya yang lagi megang sebungkus tisu otomatis mengelap kepalanya yang basah.
- pas dikerudungi dengan kain baptis, Deva langsung penasaran dengan 'rasanya'. jadi deh ujung kain itu basah karena diemut.
- pas papa-mamanya baca ikrar dari buku panduan, dia heran dan sok ikut baca.

Acara berlangsung lancar, dengan beberapa kali diselingi tangisan bayi serta orang yang hilir mudik mengabadikan peristiwa penting tersebut. Romo didampingi seorang umat tangkas memandu acara hingga berjalan lancar dan relatif cepat. Berikut adalah beberapa foto yang sempat didapet m'Gun:


Setelah acara selesai, kami makan siang bersama di BMC. Dasar masih kecil, mau aja Deva cuma dikasih pisang ama mamanya sementara yang laen pada makan enak. Padahal itu kan perayaan Baptisan dia! Hehehehe.

Trus.. kami sukses juga ngajak Deva maen ke Adhyaksa. Hihihihi.

No comments: