Daisypath Anniversary tickers

Jul 20, 2009

Kehamilan Minggu ke 8

Hari ini, kandunganku tepat berusia 8 minggu. Delapan hari lagi ketemu si dokter lagi.. *ya ampun, rasanya udah setaun lalu ketemu tuh dokter*
Si ayah sedang berada di Semarang, memanfaatkan libur hari ini buat menemani mama pulang dari RS setelah dirawat beberapa hari karena kecelakaan motor. *detailnya biar diceritain si ayah aja ya..*

Pagi tadi sudah nonton 1 film berjudul MAID OF HONOR. Udah lama sih, DVD itu ada di tumpukan film, tapi baru sempat ditonton tadi. Abis nonton, tidur demi si buah hati. Maklum, selama hamil memang satu-satunya keluhanku adalah ngantuk tak tertahankan sepanjang hari. Ga tau deh, bawaan bayi ato dasar bundanya aja yg males. Hehe.
Selain itu, di akhir minggu ke 7 ini ada keluhan baru. Sering pusing kayak serangan darah rendah gitu.. Trus, perut nih rasanya eneg. Mulai ga nikmat makan, tapi tetep dipaksain sambil bayangin makanan-makanan enak.
Sakit punggung juga masih tetep.. dan pengobatannya juga tetep cuma di tangan si ayah. Huehehehe.

Trus, sore hingga malem ini, browsing n baca berbagai artikel sampai forum diskusi tentang kehamilan minggu ke 8. Perut sampe linu baca berbagai cerita tentang kehamilan yang gagal di usia ini. Waduh, yang kuat ya Dik.. *elus-elus perut*

Menurut beberapa artikel, kondisi kehamilanku minggu ini adalah sebagai berikut:
  • Panjang dari kepala sampai bokong yaitu 0,56 sampai 0,8 inci (14 sampai 20 mm), kira-kira seukuran kacang kecil. Panjang dari kepala ke bokong sekitar 0,8 inci (12 mm). Tangan memanjang dan melipat di bahu.
  • Kelopak mata terbentuk pada wajah. Ujung hidung telah muncul. Telinga terbentuk, internal dan eksternal.
  • Dalam jantung, katup aorta dan pulmoner muncul dan jelas. Saluran dari tenggorokan ke fungsi bagian paru-paru bercabang, seperti cabang pohon. Batang tubuh makin panjang dan tampak lurus.
  • Bahu mulai tampak, dan tangan dan kaki memanjang. Tangan melipat di bahu dan melekuk di atas jantung. Jari tangan dan kaki mulai tampak.

Tentang gizi yang dibutuhkan dan makanan yang dianjurkan, ada banyak versi sih. Kurang lebih yang dibutuhkan adalah kalsium, asam folat, zat besi, magnesium, vitamin B6, vitamin E dan zinc. Tapi.. aku paling setuju dengan sebuah artikel yang menyatakan bahwa yang penting buat ibu hamil adalah makan 4 sehat 5 sempurna, apapun boleh dimakan asal tidak berlebihan. Ini cocok banget dengan kata dokter kandungan yang kutemui 3 minggu lalu. Ga ada pantangan.

Udah ah, mau guling-guling kasur lagi trus doa n baca kitab suci bareng si adik sebelum bobo. Ayah, cepet pulang ya..

[GTR}
Iya bunda.. Ini ayah udah pulang. Maaf bunda, kemarin ayah harus pulang untuk menjemput Mama tercinta dari rumah sakit karena seminggu sebelumnya Papa n Mama kecelakaan. But now, I'm right beside you ^_^
Hmm..udah ngebet anter bunda check-up ke dokter coz pengen liat hasil USG si bayi dalem perut. Jadi ikut exciting ngikutin perkembangan si adik. Doakan bundanya tetep sehat ya teman-teman.. Ayahnya juga biar bisa jadi suami SIAGA (Siap Antar jaGA).

No comments: