Daisypath Anniversary tickers

Jan 17, 2008

~ Belajar maen gitar (part.1)


Woohooo...akhir2 ini lagi keranjingan yang namanya belajar main gitar. Entah kenapa dari dulu cuman niat doang n prakteknya ga maksimal. Alhasil dulu cuman tau kunci2 dasar: C D E F G A B udah beres...maenin lagu? bisa tapi nyontek hahahaha...

Sekarang punya guru musik privat yang cantik (yeahh..) namanya Ima tentu saja panggilannya d'Im (^_^)v blio ngajarin dasar2 bermain musik.
Baiklah perlajaran pertama kita kali ini tentang dasar2 nada. Ternyata ada yang namanya kelompok2 nada:
pertama : do mi so
kedua : do fa la
ketiga : re so si

Nah kalo do mi so nya main dinada dasar C, berarti do fa la ada di F, trus re so si ada di G. Lho kok bisa? Gini caranya:
do mi so maen di C, berarti do = C nah tinggal itung aja untuk do fa la kita ambil fa-nya, jadi kalo do=C brarti cara ngitungnya C, D, E, F nah fa ada di F. Kalo re so si kita ambil so-nya artinya tinggal tambah satu lagi dari fa=F jadi so=G. Kesimpulannya untuk lagi dengan nada dasar do=C punya kunci pendamping utama F dan G, nah kalo nemu nada yang aneh tinggal urutin aja kuncinya. Thats it!

Tapiii nggak semudah itu ternyata, ada perpindahan nada yang naiknya cuman setengah nada yakni dari A ke B dan dari E ke F.

Kelompok nada ini bisa dipake untuk menyanyikan lagu apapun. Suara kamu di nada pertama lagu cocokin dengan kunci gitar entah C D E atau G sekalipun. Nah kalo udah dapet baru deh pake metode berhitung di atas untuk cari kelompok nada berikutnya, bisa deh ngiringin lagu sampe selesai n ga perlu nyontek lagi.

Yap, untuk sementara itu dulu pelajaran musik kita kali ini soalnya ilmu yang di dapet baru segini hehe...

to be continued...

No comments: