Daisypath Anniversary tickers

Feb 9, 2008

Make money from internet??

Beberapa minggu ini aku coba cari informasi tentang bagaimana mencari penghasilan dari internet. Setahuku yang namanya cari uang dari internet itu cuma bikin web yang nampilin produk-produk trus jualan deh.. Kayak mindahin etalase toko ke website aja.
Tapi ternyata pandangan itu sungguh sempit sekali. Zaman sekarang ini, orang nyari duit sebenernya gampang, apalagi dengan adanya jaringan internet, wah peluang usaha akan semakin besar.
Memang benar, zaman sekarang ini disebut era informasi. Dulu waktu belajar sejarah, aku masih inget (kalo ada yang salah maapin ya..) ada yang namanya zaman berburu dan meramu, ini zaman dimana manusia masih purba, jadi dalam mempertahankan hidup mereka harus berburu binatang untuk disantap. Terus ada lagi zaman / era bercocok tanam, dimana manusia sudah mengenal tumbuhan yang memiliki nilai komoditi. Terus lanjut lagi ada era industri dimana era ini diawali dengan ditemukannya mesin uap oleh eyang James Watt.
Nah sekarang era industri udah bisa dibilang gak heboh lagi, yang lagi ngetrend sekarang adalah era informasi, dimana orang bisa bertahan hidup (aka. nyari duit) dengan mengandalkan informasi.
Internet inilah yang muncul sebagai gerbang pembuka informasi ke seluruh pelosok negeri. Di dunia maya inilah segalanya bisa terjadi dan bisa bikin orang kecanduan seperti si Embak yang satu ini, gara-gara dikomporin sama Embak ini.
Tulisan di atas hanya sebagai pengatar saja, sekarang mulai masuk ke judul "Make money from internet??"
Hasil dari penjelajahanku di dunia maya ini, ternyata kita bisa cari duit dengan berbagai cara.
Pertama, lewat AdSense dimana penyelenggara yang paling populer adalah Google dengan GoogleAdsense-nya. Disini kita berlaku sebagai pemilik media, bisa dalam bentuk website atau bahkan yang gratisan dalam bentuk blog. Google akan menitipkan iklan-iklannya di media kita dan iklan yang muncul bisa sesuai dengan isi dari media yang kita miliki. Kalau ada pengunjung yang meng-klik iklan tersebut, tentunya kita akan mendapatkan bayaran n gak tanggung2 bayarannya dalam bentuk US$. Terus gimana caranya dapetin duit US$ itu? Ternyata Google mengirimkannya dalam bentuk cek. Nah kalau ingin belajar lebih dalem tentang AdSense ini, ternyata di Indonesia ini sudah ada masternya, yaitu Bung Cosa Aranda.
Kedua, metode yang ini masih berkaitan dengan iklan tetapi lebih mudah. Kita tinggal join ke sebuah situs yang isinya memang iklan semua. Disana kita bisa mendulang pundi-pundi dollar hanya dengan melakukan klik pada banner iklan yang tersedia, tapi tentu saja syarat dan ketentuan berlaku (jadi inget iklan operator seluler..). Salah satu contoh situs yang dimaksud adalah ClixSense, situs ini sudah memiliki reputasi yang bagus karena situs ini tidak pernah ingkar janji dalam membayar para client-nya. Kalau ingin sukses dengan metode ini bisa mengikuti tips sukses ClixSense yang diasuh oleh (lagi-lagi) Bung Cosa.
Ketiga, ini adalah metode yang nggak gampang karena disini melibatkan unsur 'kerja' yang tentunya akan mengeluarkan 'tenaga' yaitu dengan cara menuliskan review tentang suatu produk, jasa, atau apapun yang diminta oleh pengiklan. Syaratnya, kita harus punya website atau blog yang bisa dipakai untuk meletakkan review kita. Jika review kita disetujui maka kita akan dibayar. Jumlah uang setiap kali 'gajian' lebih tinggi daripada dua metode sebelumnya. Menulis review itu nggak gampang, apalagi karena client-nya dari situs orang bule, tentu saja review yang kita tulis juga harus dalam bahasa linggis eh.. inggris.. Salah satu master dimetode ketiga ini adalah Bung Indra Diky, beliau juga memberikan tips tentang sponsored review ini. Salah satu situs yang menyelenggarakan sponsored review ini adalah BlogVertise karena situs ini juga sudah memiliki reputasi yang baik.

Sebenernya masih ada lagi metode yang lain dalam mencari pundi-pundi rezeki lewat internet, tapi untuk kali ini cukup sekian dulu. Paling tidak kita bisa tahu bahwa pintu rezeki itu ada dimana-mana, tinggal kitanya yang harus mencari dan itu tergantung dari Anda.
Yuk! Kesempatan sudah di depan mata... *pinjem istilah Mas Tukul* "Apa kamu rela kehilangan kesempatan sedahsyat ini??"

No comments: