Daisypath Anniversary tickers

Feb 12, 2007

Dimanakah kami bermain??

Tadi pagi waktu sarapan pake sayur eksperimen, tahu goreng n ikan asin a.k.a gereh, di tipi lagi ngebahas tentang anak2 yang lagi asik maen bola di jalan raya.
Si reporter tiba2 bertanya sama salah satu anak yang sedang asik bermain, salah satu pertanyaannya seperti ini "Kenapa maen bola di jalan raya gini?", kemudian si anak dengan lantang disertai logat betawi yang kental menjawab "Kagak ade lapangannyee!!!"

Begitu melihat kondisi itu, tiba2 memori2 masa kecilku menyeruak memenuhi seluruh otak di kepalaku.
Dulu di belakang rumah ada lapangan umum yang sangat besar, aku dulu sering maen disitu, maen bola, perang-perangan, nyari jangkrik, lempar tangkap bola sama my beloved father, n dilapangan itu pulalah pertama kali aku merasakan kemenangan lomba lari 100meter dalam rangka 17 Agustusan untuk kelas taman kanak-kanak enol kecil, perasaan takut untuk jatuh pun bisa dibuang jauh2 karena ada rumput hijau yang akan jadi alas.
Tapi lapangan itu sekarang sudah jadi perumahan elit dengan bangunan bertipe di atas 72 dan 100% bertingkat wuihhh....

Anak2 zaman sekarang apalagi yang tinggal di kota mungkin sudah sangat sulit menemukan lapangan umum yang bisa dipakai untuk bermain. Padahal, dengan adanya lapangan bisa dijadiin daerah serapan air yang cukup efektif.
Anak2 itu pada maen bola di jalan raya yang berlapis aspal yang notabene keras dan kasar, bahkan panas, resiko terluka saat jatuh pun jadi semakin besar (masa iya di aspal ditanemin rumput!?!?!)
Belum lagi kalo lagi maen bola tiba2 bolanya nyasar masuk ke halaman rumah orang, mending kalo cuman masuk, kalo kena kaca jendela trus pecah?? Hayoh??
Si pemilik rumahpun ga akan bisa istirahat karena di depan rumahnya dipakai anak2 teriak2 "Woiii, oper kesini!!!" ato "GooooollL!!"

Kalau liat di filem2 bule yang latarnya di amrik sono, nampaknya masih banyak taman2 umum yang tertata rapi dan indah. Coba aja nonton film Air Bud, sungguh sangat menyenangkan bisa bermain di taman, olah raga di taman, bahkan bisa dipakai untuk mengakrabkan diri dengan keluarga.
Lapangan basket umum pun juga banyak dibangun, siapapun bebas memakainya, gak heran kan prestasi basket amerika diakui nomor 1 di dunia, apalagi dengan NBA-nya, siapa sih yang kenal Magic Johnson, Michael Jordan, Shaquille O'neal (bener ga sih nulisnya?)

Kalo di sini, anak2 muda lebih suka maen futsal, secara kalo maen futsal gak perlu lapangan yang terlalu luas dan gak perlu nanem rumput, tapi kalo mo maen disana harus bayar, ada uang sewa lapangan yang diistilahkan sebagai uang perawatan lapangan.

Fasilitas....yah itu namanya fasilitas.... Fasilitas untuk anak2 sudah seringkali diabaikan, mulai dari gedung sekolah yang alakadarnya sampe2 taman bermainpun 'dipindahkan' ke mall.
Kira2 kapan ya pemerintah peduli dengan nasib anak bangsa yang cerdas, tangkas dan gembira??
Lapangan2 diubah menjadi bangunan yang lebih 'menguntungkan', kalo dibikin taman kan nggak menguntungkan!
Lah menguntungkan bagi siapa?? Dan keuntungan yang seperti apa dulu nih? Kalo UUD (Ujung-Ujungnya Duit) ya jelaslah para kapitalis yang untung!!

Yah sudahlah...semoga anak2 zaman sekarang masih mengenal istilah 'lapangan' meskipun istilah itu lekat dengan 'lapangan udara', 'lapangan golf', 'lapangan tembak', 'lapangan sepak bola' yang harus pake duit kalo mo masuk.

*Mendambakan Indonesia yang asri...Ijo royo-royo...

1 comment:

Anonymous said...

Hmm.. kan 'lapangan' bola-nya udah dipindah ke hape! Mau maen bola apaan? Tennis? Basket? Sepakbola?? Hayuuuuks, siapa aja bisa kapan aja bisa di mana aja.. Kata slogan pun, "Dunia dalam genggaman".
Dijamin [jempol Anda] sehat deh.. :))