Daisypath Anniversary tickers

Nov 6, 2007

Remote Rusak dan Mr. Couch Potato



Semalam aku mimpi.. mimpi buruk sekali..
-loh, kok jd nyanyi-

Hehe. Semalem aku mimpi. Tapi bukan sembarang mimpi. Masalahnya, ni mimpi ga penting banget. :(
Tanpa ada cerita sebelumnya (emangnya sinetron?), di mimpi itu aku lg tiduran dengan nyaman sambil nonton tv. Tapi bukannya ngikutin sebuah acara, aku mlh keasyikan gonta-ganti channel tv. Pokoknya, tampak mengagumi banget karya teknologi yg disebut 'remote control' dan terobsesi buat mencet2 semua tombol yg ada.
Wis, gt aja. -beneran ga penting kan??-

Paginya, bangun langsung ketawa terkikik-kikik. Pasti mimpi itu gara2 remote tv di rumah yg tiba2 ujug2 tanpa alesan ga ada ujan ga ada angin suddenly mogok kerja. Iya.. perangkat yg penuh tombol itu nyaris sama sekali ga berfungsi. Dipencet ga guna, dipenet (ditekan keras, jawa-red) ga ngaruh di tv, digoyang2, diputer, dijilat, dicelupin.. hhh, tetep aja si tv ga respon. Sebel, kan?!

Udah gitu, sore kemarin aku sempet ditegur Bapak gara2 nonton tv tp aku terlalu deket ama si tv. -gmn ga deket, kl mindah2 saluran musti mencet tombol di bawah layar tv? !@#$%^&*-

Kalo udah gini, baru deh ngerasa salut ama pencetus pepatah
"Sesuatu tuh baru kerasa berguna kalo udah ga di genggaman"

-Ini pepatah bukan sih?-

Emang sih, tuh remote masih bisa digenggam n masih kumiliki. Tp ga bisa mindah saluran tv, ga bisa ngidupin-matiin tv, ga bisa nambah/ngurangin volume..
-yahh, sebenernya bisa sih, kl kita deketin ke tv trus pencetin ujung remote ke tombol yg diinginkan di tv. tp kan make remote tuh harusnya ga gt! ihhh-

Siang ini, jadi kepikiran buat cari tau, sapa sihhh sebenernya penemu remote tv? Sapa sih yg harus bertanggung jawab kl kita -yg pasti, aku- jd kecanduan menggenggam remote tv dan ga bisa hidup -maksudku, nonton tv- tanpa remote di tangan?

Ternyata.. Robert Adler namanya. Beliau udah meninggal 19 Feb 2007 lalu di Boise, Idaho, AS karena gagal jantung di usia 93. Dan beliau ini sering disebut berperan dalam melahirkan generasi couch potato (orang-orang yang menghabiskan waktunya dengan rebahan dan menonton TV-red). Berikut kutipan info yg kudapet:
Atas temuannya Adler pernah menerima penghargaan Emmy Award bersama-sama dengan rekannya yang juga penemu Eugene Polley. Selama enam dekade karirnya di Zenith, Adler merupakan penemu yang produktif. Dia telah menghasilkan 180 paten.

Mei 2004, dalam kesempatan wawancara dengan Associated Press, Adler menanggapi pertanyaan banyak orang tentang tanggapannya setelah menemukan perangkat yang dianggap berperan dalam melahirkan generasi couch potato.

"Orang-orang sering bertanya pada saya -- 'tidak kah Anda merasa bersalah karenanya?' Dan saya katakan itu konyol," ujarnya. "Adalah beralasan dan rasional untuk mengendalikan TV dari tempat di mana Anda biasa duduk dan menonton TV."

Berbagai sumber menyebut Polley dan Zenith sebagai penemu remote. Polley membuat "Flashmatic", remote nirkabel yang diperkenalkan pada 1955 yang bekerja dengan sel foto. Adler memperkenalkan ultrasonic, atau suara frekuensi tinggi, yang membuat perangkat tersebut jadi lebih efisien pada tahun 1956. [http://pcyco.or.id/v2/article.php?story=20070220200030317]


[Guntur]
Huehehehehe... remote tipi ini udah lama banget ngadat, kira2 udah 2 mingguan lah..
Mungkin harus upgrade remote biar ga ketinggalan jaman hihihi... Ato upgrade tv-nya sekalian?? \(^o^)/
Gara-gara ditegur niy jadi kepikiran terus n sampe kebawa2 mimpi.
Btw, ada yang tahu tempat jual remote tipi gaaak??

No comments: