Daisypath Anniversary tickers

May 21, 2007

Ramalan Zodiak..

Beberapa waktu lalu sempat posting ramalan kesetiaan berdasarkan zodiak . Maksud hati nyindir 1 pisces, apa daya tumbuh protes dari 1000 pisces. hwehehehehe.. Ternyata solidaritas sesama pisces patut diacungi 2 jempol!!

Yth. tuan2 pisces, tiada niat hamba nyindir maupun melecehkan. maaf ya..

Menurutku, ramalan berdasarkan zodiak ato apapun cuma sekedar salah satu bentuk usaha manusia untuk menjelaskan berbagai fenomena di alam, kok. Dengan sekian besar sampel kejadian dan peristiwa di sekitarnya, manusia mengumpulkannya jadi data, merangkum dan menyusunnya, lantas berusaha menarik informasi yang (mungkin) bisa jadi formula deskriptif maupun prediktif. Deskriptif, yakni saat manusia berusaha menjelaskan kecenderungan tingkah laku manusia-manusia berdasarkan beberapa parameter kemudian menemukan model klasifikasi berdasarkan zodiak (misalnya). Dari model deskriptif itu, manusia berupaya memprediksi perilaku manusia lain dengan aturan/ pola yang diuraikan dalam ramalan zodiak itu --> prediktif.

Yang menarik, model klasifikasi yang terbentuk jadi KURANG AKURAT karena terjadi attribute selection (baca: pemilihan atribut/ parameter) yang cenderung asal-asalan. Contoh data:

Nama : Secsip
Zodiak : Pisces
Level setia : 12 (1=setia, 2=sedikit kurang setia, ..., 11: hampir jd tkg selingkuh, 12: tukang selingkuh)

Dari sekumpulan data semacam ini, ternyata 10 pria pisces selingkuh, 12 wanita pisces selingkuh, 2 pria taurus setia, 20 wanita taurus setia. Hanya dengan atribut zodiak, manusia lantas menyimpulkan bahwa manusia berzodiak taurus setia, pisces tukang selingkuh. Atribut-atribut lain dikebiri (baca: diabaikan) dan hanya memperhatikan 1 atribut. Kalau mau lebih akurat, data harusnya dilengkapi. Misalnya, untuk tiap kejadian, data yang dicatat berupa (misal):

Nama : Secsip
J. kelamin : Pria
Zodiak : pisces
Usia : 20 tahun
Status : menikah
Jumlah anak : 7 (tujuh)
Pend. terakhir : SD
...
Level setia : 12 (1=setia, 2=sedikit kurang setia, ..., 11: hampir jd tkg selingkuh, 12: tukang selingkuh)

Nahh.. semakin banyak atribut yang dicatat, model yang dapat dibangun dari data itu bisa makin akurat kan?? Contoh rule (baca: ramalan) yang dihasilkan:
"Seorang berzodiak pisces berusia 18-22 tahun tapi sudah menikah dengan lebih dari 5 anak --> tukang selingkuh"

Wehh.. kok mirip2 data mining sih? Ada yg mau bikin sistem deteksi peselingkuh?? Wue hehehehe. Udah ah, dah makin ngelantur ni..

5 comments:

Anonymous said...

Ntar kalo ada yg bikin dan udah jadi, gw mo beli... Terserah harganya, yg penting 'sistem' itu jalan dan hasilnya akurat, mendekati akurat jg bolehlah...
Bela-belain dan niat beli buat ngecek 'temen' gw sebenernya 'peselingkuh nomor wahid', atau 'serigala berbulu domba'? Ngakunya sich setia tp ....doyan 'mainin perasaan' gak sich? Soalnya antara 'pikiran, mulut dan hati' sering gak sinkron...
Ga tahu deh, ini akibat dr 'penyakit "zodiac" bawaan' atau 'kondisi habitat'....???

Anonymous said...

jiakakakakakak...

ngapain juga lo ngabisin duit buat beli ginian?

trus manfaatnya buat lo apa?

kalo lo udah tau kalo emang 'temen' lo tukang selingkuh, lo mau apa?

mo lo jelek2in di depan orang sekampung?

cape deeeehh.....

Anonymous said...

Manfaatnya?...... mo tahu aja deh elo ???
Yang jelas, ada deh.......:)

Anonymous said...

Brur, elo gak bakalan rugi deh kl beli system 'fraud' selingkuh kayak gt, gw dukung...
Selain buat dipake sendiri, sepertinya bisa deh system tsb dikomersilin, a.l.bikin konsultan deteksi perselingkuhan yuk. Prospek bagus, dijamin laris 100% loh!!! Jaman skrg kan jaman 'edan', kl gak pernah selingkuh dianggap kuno or kuper, meski ada yg cuman selingkuh 'kecil-kecilan'. So pasti kastemer yg butuh 'pengecekan' pasangan pasti ada aja tiap hari. Ttg dukungan dana, sponsornya banyak, antara lain dr : ibu-ibu arisan, PKK dan Dharma Wanita dikampung gw, he..he..he..
Masalahnya, ada nggak sich systemnya ???

Guntur said...

Hmm..kalo mo bikin sistem berdasarkan zodiak - u guys would better take a look at this:

http://www.kapanlagi.com/a/0000004169.html