Daisypath Anniversary tickers

Sep 4, 2007

Sebentar Lagi Penumpang Bebas 'Halo-Halo' di Pesawat

Selasa, 04/09/2007 08:00 WIB
Fino Yurio Kristo - detikinet
(http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/09/tgl/04/time/080059/idnews/825216/idkanal/398)

Hong Kong - Pelarangan penggunaan ponsel di pesawat barangkali akan segera menjadi sejarah. Berbagai maskapai penerbangan berencana untuk meluncurkan layanan yang memungkinkan penggunaan ponsel bahkan internet selama penerbangan.

Misalnya, maskapai penerbangan Cina Shenzhen Airlines ini. Mereka mengumumkan bahwa para penumpang akan segera bisa menggunakan ponsel dan mengakses internet selama penerbangan.

Adalah perusahaan teknologi Swiss OnAir yang akan menyediakan layanan telekomunikasi untuk Shenzhen Airlines ini. Para penumpang pun dimungkinkan untuk mengirimkan pesan instan alias SMS ataupun mengaskes internet melalui laptop mereka.

Namun, layanan ini rencananya baru akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2009 mendatang. Direncanakan, tiga pesawat akan mengujicoba layanan ini selama Olimpiade Beijing tahun depan.

Pihak dari OnAir sendiri menyatakan bahwa sebelumnya mereka juga telah menandatangani pembuatan layanan serupa dengan beberapa perusahaan penerbangan di Asia maupun Eropa.

Sementara presiden Shenzen Airines Li Kun menyatakan kebanggaannya dengan layanan terbarunya ini. "Saya sangat bangga menjadi maskapai penerbangan Cina pertama yang bisa menyediakan layanan bagi penumpang untuk berkomunikasi selama penerbangan berlangsung," tandasnya seperti dikutip detikINET dari AFP, Selasa (4/8/2007).

Disebutkan, beberapa perusahaan penerbangan memang telah menyediakan jalur telepon fixed line untuk untuk beberapa kursi dengan ongkos yang lebih mahal. Namun sampai sekarang penggunaan ponsel masih dilarang selama penerbangan.

( fyk / dbu )

1 comment:

Guntur said...

2009 baru launching...

Nyampe Indonesia kapan ya??

Uhmm...

Kapan ya naik pesawat?? (T_T)